Tuesday, August 12, 2014

Chapel grade 7 Selasa, 12 Agustus 2014

Matius 5:13-16
13 ¶  "Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang.
14  Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.
15  Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu.
16  Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."
Pelita tak berguna jika disimpan di dalam lemari, dan garam tak berguna jika masih berada di wadahnya.
-          Apakah fungsi garam?
o   Penyedap, bukan hanya menciptakan kesenangan bagi orang tapi kesenangan bagi Tuhan. Contoh perbuatan yang menyenangkan hati Tuhan? Tidak boleh kehilangan rasa asinnya (Lukas 14:34-35)
o   Pengawet
o   Penyembuh luka
-          Ayat 13: kamu adalah garam dunia, adalah merujuk pada eksistensi bukan hanya perubahan. Garam mempengaruhi, bukan dipengaruhi.
Contoh:merokok, mencontek, minta uang, bolos, mengobrol saat ibadah, memaki, kata kotor.
-          Ayat 16 Yesus adalah terang dunia (Yohanes 1:9), manusia hanya memantulkan terang Tuhan.
o   Terang menyolok dalam gelap
o   Terang tidak boleh disembunyikan
o   Terang memberi petunjuk
o   Terang makin dibutuhkan di tempat yang semakin gelap
o   Terang mempengaruhi yang gelap bukan sebaliknya (Yoh 1:5)
o   rumah-rumah di Palestina, tempat Yesus pada saat itu mengajar, semua rumah sangat gelap, karena biasanya hanya mempunyai satu jendela kecil dengan garis tengah kira-kira 30-40 cm saja. Pelita yang dipakai di rumah-rumah itu berbentuk seperti perahu kecil yang diisi minyak, dengan sumbu yang terapung. Biasanya pelita itu ditempatkan pada sebuah tiang kecil (dian), yang terbuat dari potongan dahan kayu. Dengan demikian maka pelita itu akan terlihat. Jelaslah bahwa fungsi utama dari pelita itu ialah untuk dapat dilihat dan dapat menyinari kegelapan sehingga menjadi terang. gambaran tentang pelita inilah yang di ambil oleh Yesus dalam hal Dia mengajarkan tentang peran dari setiap pengikutnya.
-          Dalam Filipi 2:13-16, kita dapat melihat dalam ayat ini bahwa kita harus lebih lagi menjadi terang dunia. Yesus berkata: terangmu harus memancar seperti bintang-bintang di dunia dan kita juga harus memancarkan Firman hidup. Ayat ini merupakan sebuah kunci. Yesus mengatakan dalam hal yang baik agar orang lain bisa memuliakan Bapamu di surga.
-          Seorang teolog besar (John Stott) berkata; “ jangan bertanya kenapa dunia ini semakin gelap, tetapi bertanyalah dimanakah terangnya, jangan bertanya kenapa dunia ini semakin busuk tetapi bertanyalah dimanakah garamnya”
KESIMPULAN
-          Agar dunia menikmati keberadaan kita dan mengenal Kristus, Markus 9:50 (pembawa damai)

-          Agar dunia merasakan kasih Kristus dan memuliakan-Nya (ay 14&16)

No comments:

Post a Comment