Thursday, December 19, 2013

the darker sky the brighter stars

what will you do if you walk alone in the dark night?
some people might walk straightly and faster...
some people might do other things such as 'gadgeting' or updating a social media: i'm alone
a few people might see to the sky, stargazing.

counting how much the stars are above...
finding the brightest star...
and enjoying the time to mind-talking, sending the private messages to the Creator

I do what a few people might do when I walked alone in the night, stargazing. And as people said that sky in Papua is absolutely beautiful, it's so clear and wide without any fog or skyscrapers. In my mind-talk with the Creator, He said, I will hold you like I keep the stars in their places and let them to light your night.

I wonder, will my beloved ones see this beautiful stars? Will they happy if they see it with me, there, in this far-away land?

Seketika saya mengingat seseorang, yang berada 2 jam perbedaan waktu jauhnya, yang harus melalui ribuan pulau dan hamparan lautan.
The Distance between Jayapura / Sentani () [Airport] and Palembang (South Sumatra) is :3972.76 kilometers (km). The approximately estimated travel/road distance can be around 4568.67 km to 4965.95 km 

Ketika malam tiba dan keraguan melanda, saya bisa memastikan dirinya berada di tempat terluas di kampus kami dan melakukan hal yang sama sekali tidak lazim untuk dilakukan malam hari, berlari.

Waktu-waktu yang saya habiskan dengannya memang tidak banyak, bukan sesuatu yang besar juga. Saya belum pernah dapat menerka apa yang ada di pikirannya. Saya belum pernah cukup mendengar ceritanya.

Di kala fajar menyingsing di tempat saya berada, mungkin ia masih menutup matanya untuk melanjutkan mimpi indahnya, teringat biasanya kami masih menarik selimut atau saling membangunkan sebelum mandi meskipun terpisah tembok kamar.

Sewaktu saya berdiri di depan kelas dan berinteraksi dengan siswa-siswi saya, memori saya dibawa kembali ke masa saya masih menjadi mahasiswa dan makan bersama dengannya, berlarian menuju kelas karena sudah terlalu mepet dengan jam kuliah. Mungkin ia baru mengulat dari tidurnya dan bersiap ke sekolah.

Sewaktu saya disibukkan dengan persiapan mengajar dan mengoreksi pekerjaan siswa. Saya teringat bagaimana kami berjuang saling membangunkan dari kantuk yang melanda di jam kuliah atau menekan keyboard untuk merangkai tulisan-tulisan untuk dosen tercinta. Mungkin ia sedang memulai hari bersama malaikat-malaikat kecilnya yang membuat ia tersenyum setiap harinya.

Sejenak saya melihat wajahnya di salah satu foto yang baru dipost oleh salah satu teman, ia tersenyum. Begitu lega rasanya saya melihatnya tersenyum begitu sukacita setelah saya begitu menguatirkannya terakhir kali kami bertemu bulan lalu saat peresmian kami menjadi sarjana, mengingat wajahnya yang sayu dan tiba-tiba memeluk saya. Saya teringat kalimat dari drama yang saya sukai:

I heard that if it's dark, you can see the stars better. Now that it's dark, I'll be able to see the stars clearly. • KIM TANHeirs.

Seberapa gelap malam-malammu? Apakah kegelapan membuatmu takut?  Apakah kamu bisa melihat bintang bersinar lebih terang?





See you soon, Irena :)

No comments:

Post a Comment